Bila ada yang mengira bahwa dinosaurus telah musnah sebelum jaman es tiba, anggapan itu ternyata salah besar. Dinosaurus masih hidup dan bersembunyi di bawah tanah. Setidaknya, itulah yang dikisahkan film animasi buatan Blue Sky Studios ini. Kali ini petualangan membawa Manny si Mammoth, Sid, Diego, dan Scrat bertemu para dinosaurus itu.

ICE AGE: DAWN OF THE DINOSAURS

Manny (Ray Romano) yang mulai membina rumah tangga disibukkan oleh persiapannya menyambut datangnya sang anak yang akan segera lahir. Karena lebih banyak menghabiskan waktu bersama Ellie (Queen Latifah), pasangannya, teman-teman Manny pun mulai mencari aktivitas sendiri. Sid (John Leguizamo), di saat yang bersamaan, mengalami krisis identitas dan mulai mencari cara untuk membina keluarga sendiri.

Suatu ketika, Sid menemukan tiga telur dinosaurus dan memutuskan untuk menetaskannya. Celakanya, induk dari ketiga dinosaurus kecil ini datang untuk mencari anaknya dan akhirnya malah membawa Sid juga ke dalam tempat persembunyian mereka di bawah tanah. Kini terpaksa Manny dan kawan-kawan yang lain harus ikut masuk ke tempat persembunyian para dinosaurus ini untuk menyelamatkan Sid.

ICE AGE: DAWN OF THE DINOSAURS

Carlos Saldanha, sang sutradara, mencoba memasukkan unsur cerita klasik semacam THE LOST WORLD atau THE LAND BEFORE TIME untuk membuat film ini lebih berwarna. Dunia penuh warna di bawah lapisan bumi yang tertutup salju membuat film ini jadi terasa lebih menyenangkan dilihat. Ditambah dengan kepiawaian para animator dalam mengolah gambar animasi yang berwarna-warni, petualangan para penghuni awal bumi ini jadi lebih menyenangkan dilihat.

Selain tampilan gambar animasi yang memukau, penonton juga dimanjakan dengan aksi petualangan yang lebih seru dengan bumbu-bumbu humor ringan. Karena ditujukan untuk konsumsi keluarga, alur kisah dan dialog pun dibuat lebih ‘ramah’ buat anak-anak. Alur kisah dibuat sederhana karena memang itu tujuannya, membuat orang terhibur tanpa dipusingkan oleh alur yang berbelit-belit.

ICE AGE: DAWN OF THE DINOSAURS

Seperti juga pada dua film sebelumnya, ICE AGE: DAWN OF THE DINOSAURS ini masih menggunakan pengisi suara yang sama dan keputusan itu tepat karena karakter yang sudah terbentuk tak bisa begitu saja digantikan oleh aktor lain yang pasti akan mengubah jiwa dari para tokoh yang sudah akrab dengan para penonton ini. Ray Romano, Queen Latifah, dan John Leguizamo yang dipercaya mengisi suara tampil prima membawakan karakter binatang purba ini dan mampu meniupkan roh ke gambar animasi ini.