Planet 51 adalah sebuah planet yang keadaannya mirip dengan bumi di tahun 50-an. Yang membedakan adalah bahwa penghuni planet ini berwarna hijau dan memiliki antena di atas kepala mereka. Penghuni planet ini hidup wajar layaknya manusia di bumi, kecuali kenyataan bahwa mereka sangat paranoid tentang masalah makhluk dari planet lain.

Suatu ketika, Kapten Charles Baker (Dwayne Johnson), seorang astronot dari bumi, terpaksa mendaratkan pesawat ruang angkasanya di planet 51 ini. Kedatangannya jelas memicu panik para penghuni planet ini yang mengira Kapten Charles adalah bagian pasukan dari planet asing yang akan menyerbu planet 51.

Suasana yang tak menguntungkan ini memaksa Kapten Charles untuk berusaha meninggalkan planet unik ini sebelum ia berakhir sebagai bagian dari museum yang berisi para pendatang dari planet lain. Hanya dengan bantuan Rover, robot yang dibawanya dari bumi, dan Lem (Justin Long), penghuni planet 51 yang bersahabat, Kapten Charles berusaha melarikan diri sebelum ia berakhir seperti para pendatang sebelumnya.

Walaupun mungkin PLANET 51 ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan film DISTRICT 9 namun ada kesamaan yang mencolok di antara kedua film bertema fiksi ilmiah ini. Keduanya sama-sama berusaha membalikkan pakem yang ada dalam film fiksi ilmiah selama ini. Bila dalam DISTRICT 9 digambarkan kalau alien yang datang ke bumi justru adalah pengungsi yang mencari perlindungan, dalam PLANET 51 ini digambarkan manusia sebagai pendatang asing di planet lain.

Ide ini cukup menarik lantaran kebanyakan dari kita sudah terlalu sering dijejali dengan cerita soal datangnya makhluk asing dari planet lain yang datang untuk menguasai bumi. Bahkan dalam penuangannya pun tiga sutradara, Jorge Blanco, Javier Adad, Marcos Martinez mengambil pendekatan parodi dari kondisi Amerika di tahun 1950-an. Saat itu kebanyakan warga Amerika memang sedang dilanda paranoid akan datangnya alien dari planet lain dan itulah yang ditampilkan dalam film animasi produksi Spanyol ini.

Para konseptor sekaligus animator film ini juga cukup jeli dalam menggabungkan arsitektur rumah ala Amerika di tahun 1950-an dengan sentuhan teknologi modern yang membuatnya jadi menarik. Sayangnya sisi menarik dari PLANET 51 ini harus berakhir di sini. Selebihnya memang tak banyak yang bisa membuat lidah berdecak kagum.

Para pengisi suara sepertinya tak punya cukup ruang untuk mengeksplorasi kekuatan mereka karena naskah yang memang terlalu sempit. Karakter Charles Baker yang diperankan oleh Dwayne Johnson yang seharusnya jadi tokoh utama juga terasa kurang menonjol di antara karakter yang lain sementara Jessica Biel dan Gary Oldman sepertinya juga tak bisa berbuat banyak. Satu-satunya karakter yang paling menarik dalam PLANET 51 ini justru adalah Rover yang disuarakan oleh Justin Long.